Artis Pria Tampan Korea Saat Wajib Militer, Masih Keren?



Korea Selatan memang memiliki peraturan yang cukup ketat bagi mereka pria yang berusia 20-30 tahun. Peraturan itu disebut dengan wajib militer. Diwajibkan bagi semua pria warga negara Korea Selatan dengan batasan usia tersebut. Karena wajib, maka hampir seluruh pria Korea Selatan yang sesuai syarat melakukan wajib militer. Tak terlepas juga mereka yang menjadi artis papan atas dengan jutaan penggemar.

Wajib militer itu sendiri berlaku selama lebih dari 20 bulan. Praktis selama itu mereka tidak bisa mengikuti aktivitas sebagai seorang artis. Lantas seperti apakah penampilan para artis Korea itu ketika wajib militer?

Apakah masih keren seperti saat menjadi artis?




1. Rain



Pada 23 September 2011, penyanyi sekaligus aktor kelahiran 25 Juni 1982 mengumumkan bahwa dirinya akan menjalani wajib militer pada 11 Oktober 2011. Rain menjalani militer selama 21 bulan. Selama militer, Rain masih sempat menghibur penonton dalam event kesatuan militer.

Maret 2012, Rain dipindahkan ke Badan Media Pertahanan di Kementrian Pertahanan Nasional, Yongsan-dong, Yongsan-gu, Seoul. Semenjak April 2012 dirinya mendapat kehormatan menjadi Duta Militer. Apakah Rain masih keren saat bernyanyi selama wajib militer?




2. Won Bin



Karir aktor tampan kelahiran 10 November 1977 ini terpaksa terhenti setelah Won Bin menjalani wajib militer pasca lulus dari Universitas Seni Yong-In pada tahun 2005. Won Bin mulai masuk militer pada tahun 2005 dan bertempat di kawasan Demiliterisasi Korea sebagai tenaga sukarela.

2 Juni 2006, militer mengumumkan Won Bin tidak aktif menjalani kewajibannya lantaran cedera berkelanjutan pada ACL (Anterior Cruciate Ligament). Secara resmi pada 7 Juni 2006, Won Bin keluar sebelum masa kewajibannya berakhir dan lebih dari satu tahun dirinya melakukan pemulihan. Meski banyak tawaran bermain drama dan film, namun rupanya Won Bin menjadi salah satu artis Hallyu paling eksklusif yang pernah ada sampai saat ini.




3. Hyun Bin



Pemeran Kim Joo Won di Secret Garden kelahiran 25 September 1982 ini resmi menjadi pasukan sukarela dalam wajib militer semenjak 7 Maret 2011. Hyun Bin melakukan 21 bulan kewajibannya di Korps Marinir, yang dianggap sebagai salah satu cabang terberat dalam wajib militer di Korea Selatan.

Selama menjalani militer, Hyun Bin bahkan sempat mengunjungi Indonesia di semester kedua tahun 2011 silam lantaran tugasnya sebagai perwakilan militer Korea dalam hubungannya dengan Indonesia. Hyun Bin akan keluar dari militer pada 16 Desember 2012.




4. Kangin



Pria kelahiran 17 Januari 1985 ini merupakan member Super Junior pertama yang sudah menjalani wajib militer. 5 Juli 2012, Kangin resmi masuk dalam wajib militer di pusat pelatihan militer Nonsan, provinsi Chungcheongnam-do.

Pada 16 April 2012, member Super Junior bernama asli Kim Young Woon ini resmi keluar dari wajib militer dari divisinya di Namyangju-si di Geyonggi-do. Setelah itu Kangin langsung aktif dalam promosi untuk album ke-6 Super Junior, SEXY, FREE, AND SINGLE. Kembalinya Kangin disambut hangat oleh seluruh ELF dan industri Hallyu.




5. Kangta



Vokalis utama boyband senior K-Pop H.O.T yang bernama asli Ahn Chil Hyun ini menjalani wajib militer pada 1 April 2008 pasca merilis album, ETERNITY dan menggelar dua konser perpisahan di Universitas Yonsei pada 29-30 Maret 2010.

18 Februari 2010, pria kelahiran 10 Oktober 1979 ini resmi keluar dari wajib militer. Sama seperti penyanyi Hallyu lainnya, Kangta langsung comeback dan merilis mini album China dengan single Breaka Shaka pada 13 September 2010. Dibandingkan sebelum wajib militer, Kangta tampak lebih gemuk dan segar.




6. Kim Heechul






Pria kelahiran 10 Juli 1983 ini menjadi member Super Junior kedua yang melakukan wajib militer. Heechul resmi menjadi bagian militer Korea Selatan pada 1 September 2011.

Sebagai tenaga pelayanan publik selama 23 bulan, tugas Heechul selama militer memang tidak seberat anggota pasukan kesatuan. Bahkan selama militer, Heechul seringkali mengupdate jejaring sosialnya dengan memposting foto-foto terbarunya. Sesuai jadwal, pada Agustus 2014, Heechul akan keluar dari militer.




7. Lee Dong Wook



Aktor Korea Selatan kelahiran 6 November 1981 ini populer berkat perannya dalam drama My Girl. Pada tahun 2009, Lee Dong Wook resmi masuk dalam wajib militer.

Dan setelah menjadi perwira selama 2 tahun, pada 20 Juni 2011, Dong Wook resmi keluar dari bagian Publik Relations Pertahanan di kawasan Yongsan. Saat keluar, banyak fans Dong Wook yang menanti semenjak pagi.




8. Song Seung Heon



Di akhir tahun 2004, aktor kelahiran 5 Oktober 1976 ini terungkap menghindari wajib militer dengan cara ilegal, yakni mengirimkan sampel urine yang tercemar sehingga dirinya dianggap menderita penyakit tertentu agar terhindar dari wajib militer.

Pasca skandal itu tersebar, Song Seung Heon akhirnya bersedia melakukan wajib militer. Pada 15 November 2006, Seung Heon resmi keluar dari wajib militer dengan pangkat Kopral. Meski kontroversi dirinya masih tinggi, namun Seung Heon memilih untuk low profile.




9. Kim Jung Hoon



Pemeran pangeran tampan Lee Yul Goon dalam salah satu drama paling sukses sepanjang sejarah Korea, Princess Hours, Kim Jung Hoon resmi menjalani wajib militer pada 28 April 2009.

Pria berwajah teduh kelahiran 20 Januari 1980 ini bahkan dilepas oleh 80 ribu fans dari Jepang, Korea, Turki, dan China saat akan memulai militer. Jung Hoon kembali pasca militer pada 28 Februari 2011. Apakah Jung Hoon tetap cute saat menjalani militer?




10. Lee Dong Gun



Aktor, model, dan penyanyi Korea kelahiran 26 Juli 1980 ini mulai melaksanakan kewajiban militer pada Juni 2010 selama 21 bulan. Bahkan Lee Dong Gun mendapat raihan sebagai Duta Kehormatan Militer.

Dong Gun menyelesaikan tugasnya pada 28 Maret 2012. Di hari yang sama pula, Dong Gun langsung menjadi duta promosi untuk GP Formulai 1 yang digelar di sirkuit internasional Korea pada Oktober 2012 lalu.

Follow On Twitter