5 Tips Mencegah Kram Kaki



5 Tips Mencegah Kram Kaki [ www.BlogApaAja.com ]

Kekakuan pada betis yang lebih dikenal dengankram biasanya menyerang pada malam hari. Tidak hanya otot yang kaku, kram dapatmenimbulkan rasa sakit yang luar biasa.



Tegang pada otot tersebut datang secaratiba-tiba, sehingga sering kali mengganggu aktifitas atau istirahat Anda.Simaklah langkah-langkah berikut untuk menghindari kram pada kaki, dilansir dari situs eHow.

1. Banyak Minum Air Putih



Kekurangan cairan dalam tubuh adalahsebab dari banyak penyakit, termasuk kram. Minumlah 6 - 8 gelas air putihsehari untuk menjaga kelenturan otot Anda atau mengkonsumsi makanan yang kayaakan air seperti sayuran hijau atau semangka.

2. Jangan Terlalu Sering Menggunakan SepatuHigh Heels



Mengenaka high heels membuat kaki cepat lelah.Jika memang harus menggunakannya, sesekali lepaskan sepatu dan lakukanperegangan agar kaki punya kesempatan untuk istirahat.

3. Konsumsi Kalsium dan Kalium



Suplemen kalsium yang banyak dipasaran dapatmenjadi pilihan. Selain itu Anda bisa mencoba mengkonsumsi sayuran sepertikangkung, brokoli, serta yogurt dan susu rendah lemak untuk meningkatkan kadarkalsium dalam tubuh. Sedangkan kalium bisa Anda dapatkan dalam pisang, alpukat,ikan, unggas dan daging.

4. Olahraga Sebelum Tidur



Melakukan olahraga ringan sebelum tidurdapat merangsang sirkulasi darah, khususnya pada kaki. Berjalan kaki, bersepedasantai atau perenggangan kaki sebelum tidur dapat Anda lakukan agar tidur lebihnyenyak dan terbebas dari kram.

5. Temui Dokter



Salep pereda nyeri otot yang banyak dijualsecara bebas tidak bisa meredakan rasa nyeri pada kram yang cukup parah.Buatlah janji dengan dokter untuk pengobatan yang lebih lanjut.


Follow On Twitter