Wow !! Peneliti Jepang Bisa Sembuhkan Kebotakan !!



Wow !! Peneliti Jepang Bisa Sembuhkan Kebotakan !! [ www.BlogApaAja.com ]

Selama ini kebotakan dianggap tak ada obatnya.Beruntung sebuah tim peneliti Jepang telah berhasil menumbuhkan rambut padatikus botak dengan menanamkan folikel yang dibuat dari sel punca (stem cell)dewasa.



Penemuan yang dipublikasikan secara online dimajalah sains Nature Communications ini diharapkan mampu memberikan harapanbaru untuk menyembuhkan kebotakan.

Dipimpin oleh profesor Takashi Tsuji dariTokyo University of Science, tim peneliti tersebut menciptakan folikel rambutbuatan dan mentransplantasikannya ke dalam kulit tikus yang tak berambut.

Tikus itu pun akhirnya ditumbuhi rambut yangterus beregenerasi secara normal setelah rambut lamanya rontok.

Ketika sel punca tumbuh ke dalam jaringan atauorgan, sel tersebut biasanya perlu diekstraksi ke dalam embrio, namun Tsuji dantimnya menemukan bahwa folikel rambut dapat ditumbuhkan dengan sel puncadewasa.

"Studi terbaru kami mendemonstransikanpotensinya bukan hanya karena terapi regenerasi rambut tetapi juga realisasipenggantian organ buatan dengan menggunakan sel punca somatik dewasa,"ungkap Tsuji seperti dilansir dari MyFoxBoston.

Kombinasi dari teknologi yang sudah ada danteknologi baru diharapkan bisa meningkatkan efektivitas pengobatan kebotakansehingga memungkinkan orang-orang untuk menggunakan selnya sendiri sebagaiimplan yang akan mengembalikan kondisi rambutnya.


Follow On Twitter